50 Artikel Blog Terhapus Hanya Dalam 1 Menit

Share:
Siapa dari antara kalian yang tak sengaja menghapus artikel di blognya? Hal itu yang baru terjadi kepada saya. Mungkin dari kalian yang menekuni dunia blogger pasti merasa kesulitan jika harus membuat artikel yang berkualitas namun artikel yang telah dibuat tersebut tiba-tiba hilang tanpa diketahui kenapa?

Beberapa hari yang lalu saya ngeblog sampai tengah malam. Karena sedang asik mengedit template dan tata letak blog saya entah kenapa saya bisa menghapus 50 artikel yang ada di blog saya tersebut. Kenapa bisa terjadi dan bisa mengetahui jumlahnya? Dalam blog saya tersebut artikelnya saya buat daftar 50 50 artikel. Mungkin secara tidak sengaja saya ceklis atau mencentang semua artikel dan menghapus semua artikel.


Entah kenapa hal itu bisa terjadi saya juga bingung. Perkataan diatas tersebut hanyalah pemikiran saya karena saya tidak tahu pasti kenapa artikel bisa terhapus. Saya mengetahui 50 artikel saya terhapus setelah melihat keanehan yang ada di widget popular post. Dalam widget tersebut hanya ada 2 postingan yang tentunya sangat aneh. 

Sudah saya edit widget tersebut sehingga popular post muncul dalam kurun mingguan tapi artikel tetap masih 2 postingan. Lalu saya menuju dasbor menu postingan di blogger dan melihat jumlah artikel saya berkurang. Saya langsung bingung. Saya coba cek di google untuk melihat index artikel dan ketika saya klik link yang menuju postingan saya terbaru sudah error 404.

Pengembalian Artikel

Saya langsung mencari artikel cara mengembalikan artikel yang terhapus. Untung saya sudah menemukan artikelnya sehingga artikel bisa kembali. Tapi 50 artikel tersebut tidak kembali begitu saja ,saya harus copy paste judul dan artikel,serta tautan pemanen untuk mendapatkan artikel yang benar-benar sama. Karena memang hanya itu cara satu-satunya.

Saya melakukan hal itu sampai 3 pagi sungguh melelahkan. Entah kenapa hal itu menjadi hal yang paling berkesan sekaligus pengalaman saya sebagai blogger. Rasa sedih ,kecewa,dan marah menyelimuti diri saya.

Setelah artikel kembali saya masih harus mengalihkan artikel dari tautan permanen yang terhapus menuju tautan permanen yang terbaru. Dan masih ada masalah lagi setelah semua artikel yang terhapus dan meninggalkan page not found 404 sudah saya alihkan ke artikel yang baru tanpa saya tahu pengalihan tersebut hilang tiba-tiba.

Tambah Masalah

Padahal semua sudah saya alihkan kini saya harus mengalihkan semuany dan mencari halaman yang erroe 404 satu per satu lagi dan kali ini saya hanya menemukan 20an error page dan masih sisa 30 lagi. Di google sudah terhapus indexnya dan juga saya coba cari di fetch as google ternyata juga sudah tenggelam.

Satu-satunya jalan adalah menunggu laporan crawl dari webmaster tentang laman yang error. Sampai sekarang saya masih menunggu laporan dari webmaster dan saat ini halaman yang sudah berhasil saya alihkan hanya 35 saja dan masih harus menunggu.

Walaupun saya sudah berhasil mengembalikan artikel yang terhapus saya harus menunggu sampai artikel bisa kembali normal berada di peringkat terbaik google. Banyak artikel saya yang sudah berada diperingkat teratas pencarian google turun karena terhapus maka membuat pengunjung blog saya turun.

Kalian mau tahu blog yang mana yang artikelnya terhapus? Buka saja www.anggasave.com dan coba lihat arsip blognya maka anda akan menemukan dalam 2 hari saya bisa membuat 50an artikel. Hasil dari pengembalian artikel yang terhapus. Nah itu saja pengalaman singkat dan menyedihkan saya selama didunia blogger sampai sekarang semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. waduh kok bisa ya mas... sabar dah..emang ngeblog tu butuh kesabaran.. bisa jadi pengalaman...

    ReplyDelete